Nasdem Mengejutkan - Yusril Blog
Headlines News :
Home » » Nasdem Mengejutkan

Nasdem Mengejutkan

Jakarta- Berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research & Counsulting (SMRC) terhadap tren partai politik jelang Pemilu 2014, menempatkan Partai Golkar di posisi teratas dengan 14 persen. Hal ini memperlihatkan, untuk sementara Golkar masih di atas angin.

Sedangkan, PDI Perjuangan diposisi kedua dengan persentase 9 persen dan Demokrat 8 dengan 8 persen. Sementara itu untuk partai menengah ada beberapa nama, seperti Nasional Demokrat 4 persen, Gerindra 3 persen.

Sedangkan untuk parpol menegah seperti Partai NasDem 4 persen, Gerindra, PKS, PKB, PPP memperoleh 3 persen dan PAN 2 persen, serta Hanura hanya 0,5 persen.

Meskipun, menurut CEO SMRC Grace Natalie partai yang paling merosot tajam dari hasil pemilu 2009 adalah Demokrat dari 21 persen ke 8 persen, namun yang cukup mengejutkan adalah NasDem.

"Sebagai partai baru dengan modal 4 persen dan dengan waktu yang masih cukup panjang, NasDem potensial paling kuat setidaknya di partai papan tengah," jelas Grace di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Minggu (14/10/2012).

Akan tetapi, hasil survei SMCR ini juga masih memperlihatkan hasil swing voter atau pemilih yang tak menentukan sikap, masih tergolong tinggi atau sebesar 50 persen.

"Yang mengambang ini kemungkinan swing voter atau penuh pemula. Jumlah mereka ini sangat besar (50%) dan dapat merombak peta kekuatan partai pada 2014 nanti," simpulnya.

Grace menerangkan, populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilu yakni mereka sudah berumur 17 tahun atau lebih sudah menikah ketika survei dilakukan.

Jumlah sampel 1.219 berdasar jumlah sampel ini diperkirakan margin of error sebesar ±3% pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan waktu wawancara pada survei terkahir 5-16 September 2012.


Dikutip dari Okezone.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Blogger Template Free | Johny Template | Yusril Blog
Copyright © 2012. Yusril Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger